Jumat, 02 April 2010

profil kota bagan siapi-api

       Terdapat beberapa istilah/nama untuk kota yang satu ini: Awalnya para leluhur menyebut nama kota ini adalah : Bagan-Api. kemudian direvisi menjadi Bagan-Siapi-api. terakhir menjadi Bagansiapiapi bagi kami asli putera/i Bagansiapiapi lebih sering menggunakan istilah/nama : `Bagan` untuk kampung tercinta kami, istilah Bagan ini dipakai oleh orang Tionghoa dan hampir semua masyarakat Melayu yang saat ini masih berada di kota Bagansiapiapi maupun yang merantau.

Bagansiapiapi : sebuah kota eksotis yang pernah terkenal di dunia karena hasil laut yang berlimpah hingga menjadi peringkat ke-2 terbesar penghasil ikan dunia setelah Norwegia. Tidak heran bila bank sebesar Bank Rakyat Indonesia mendirikan cabang ke-2 Indonesia di kota Bagansiapiapi karena arus perdagangan yang saat itu sangat aktif. Secara kebetulan, karena kedatangan oleh para pendatang Tionghoa yang memulai kehidupan bisnis kelautan di Bagansiapiapi dan kemudian berkembang hingga mendirikan pabrik karet alam, tidaklah heran bila di kota yang kecil ini berkembang sebuah komunitas Tionghoa yang budayanya begitu kuat. Kekuatan budaya inilah yang saat ini menjadikan kota Bagansiapiapi semakin unik di Indonesia, sehingga beberapa pihak mulai menggarap sektor pariwisata Bagansiapiapi dari sisi budaya Tionghoa dan keindahan alam.

       Sejak tahun 1990, transportasi darat mulai mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat terlebih sejak Bagansiapiapi menjadi ibu kota kabupaten Rokan Hilir yang baru terbentuk, transportasi darat semakin baik dan aman. Kalau dulu Bagansiapiapi hanya bisa ditempuh dengan jalan laut kini orang lebih memilih jalan darat selain lebih nyaman juga lebih cepat.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Silakan memberikan masukkan atau arahan untuk Rokan Hilir yang lebih baik. Terima kasih.