Jumat, 02 April 2010

Daerah Sekitar Kota Bagan Siapi-api

Daerah sekitar Bagansiapiapi antara lain :

A. Panipahan

Panipahan merupakan desa nelayan yang sangat eksostis, karena sebagian besar daerahnya terletak di atas lautan. Panipahan sekarang sedang berkembang pesat, jalan-jalan yang dulunya kayu, sebagian besar sekarang telah menjadi jalan-jalan beton, serta rumah rumah beton. Jika hari menjelang senja, banyak di jumpai kafe-kafe, tempat karaoke, kedai kopi dengan alunan musik yang sangat indah membuat kita sangat terhibur. Panipahan dapat di capai dengan speed boat lebih kurang 2.5 jam dari Kota Bagansiapiapi.

B. Sinaboi

Sinaboi terletak lebih kurang 25 km dari bagansiapiapi yang dapat di capai dengan perjalanan darat dan merupakan daerah yang sangat dekat ke Dumai. Belakangan Sinaboi juga sangat berkembang , letaknya yang sangat strategis antara Bagansiapiapi dan Dumai membuat daerah ini akan sangat berprospek ke depan. Sinaboi pernah di rencanakan untuk di jadikan pelabuhan nya Bagansiapiapi, karena daerah ini daerah daerah pesisir pantai dan sangat eksostis dengan rumah-rumah yang sebagian di atas lautan. Anda dapat menikmati seafood segar di sini.

C. Pulau Halang

Pulau Halang terletak di muara sungai Rokan, yang dapat di capai dari Bagansiapiapi dengan perahu motor selama 1 jam perjalanan. Pulau Halang yang dalam bahasa lokal di sebut Si Kak Pa, yang artinya pulau segi empat, karena bentuk pulau nya memang demikian. Terdiri dari Pulau Halang Muka dan Pulau Halang Belakang. Pulau Halang Muka menghadap langsung selat Malaka yang strategis.

D. Pulau Jemur

Terletak di selat Malaka, yang merupakan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Jaraknya lebih kurang 45mil dari Bagansiapiapi, yang dapat di capai lebih kurang 2 jam perjalanan dengan speed boat. Namun belum ada transportasi umum ke sana. Pulau Jemur di kenal dengan keindahan alamnya, dengan pasir kuning yang sangat bersih. Di rencanakan Pulau Jemur akan di kembangkan menjadi Objek Wisata.

E. Pulau Berkey

Terletak persis di depan pelabuhan lama Bagansiapiapi, merupakan Pulau yang belum berpenghuni.

F. Tanah Putih

Tanah Putih merupakan daerah penting, karena di sini lah Belanda pertama kali menempatkan pusat pemerintahan daerah sekitar Tanah Putih, yang kemudian di pindahkan ke Bagansiapiapi. Tanah Putih dapat di capai dari Bagansiapiapi lebih kurang 1 jam perjalanan darat.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Silakan memberikan masukkan atau arahan untuk Rokan Hilir yang lebih baik. Terima kasih.